Syahlawani Siregar

Nama: Syahlawani Siregar
NIM: 1720400034
Jurusan: PBA

Minggu, 19 Juli 2020
Hari ke-5 
Kaum Muslim bisa mencegah penularan virus COVID-19 tersebut. Pencegahan dijelaskan olehnya menurut kaidah fikih, yaitu:

الدفع اولى من الرفع

Artinya: “Mencegah lebih baik dari pada mengobati.”

“Tidak hanya terjadi sekarang, bahkan pada zaman nabi juga pernah terjadi,” ucapnya. So, bagaimana cara mencegah penularan virus menurut Islam?

1. Menjaga pola makanan

Penyakit bisa saja bersumber dari makanan. Oleh sebab itu Allah menerintahkan manusia lebih hati-hati atau selektif memilah-milih makanan yang akan dikonsumsi.

فلينظر الانسان الى طعامه

Artinya: “Hendaklah manusia melihat makanannya.”

“Katergori makanan yang baik adalah halal dan bergizi,” ayat Surah Al-Baqarah: 168:

كلوا مما فى الارض حلالا طيبا

Artinya: “Makanlah dari makanan yang halal dan baik yang terdapat di bumi ini.

Selain itu juga kita harus menjaga wudhu setiap waktu.
Untuk menjadi 'mutathahhirin' itu wudhunya harus benar. Karena dari awal Islam menuntun manusia melalui Rasul-Nya agar memperhatikan kebersihan

Allah Ta'ala berfiman: "Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian ingin melaksanakan salat, basuhlah wajah dan tangan kalian sampai ke siku, dan usaplah kepala kalian dan (basuhlah) kaki kalian sampai kedua mata kaki." (Al-Ma'idah: 6)

Sebelum berwudhu, cuci tangan dulu karena sebelum memasukkan air ke mulut itu tangan harus bersih dari bakteri. Setelah itu baru ambil air untuk berkumur-kumur. Minimal baca Bismillaah karena akan berpengaruh pada air yang kita sentuh. Air kalau dibacakan Bismillaah molekulnya akan tersusun rapi.

Kumur-kumur tidak hanya membersihkan bekas makanan, tapi juga membersihkan bakteri. Virus itu makhluk Allah Ta'ala yang mematikan. Cara membunuhnya harus dengan menghadirkan yang menghidupkan, yaitu air.
Berwudhu tidak hanya mencuci tangan saja akan tetapi seluruh anggota whudhu.
Beruntunglah bagi orang-orang yang selalu menjaga wudhunya disetiap lima waktu solat ditambahi solat sunnah seperti tahajjud, witir dll.
Beruntunglah menjadi kita umat Rasulullah SAW dan menjadi hamba Allah karena dididik untuk bersih. Apabila rajin salat dan rajin memelihara wudhu maka akan terhindar dari Corona. Peliharalah wudhu insya Allah memelihara kita dari segala penyakit.

Selain berwudhu, jangan lupa memperbanyak doa ini:
#KKL_DR IAIN PADANGSIDIMPUAN 2020
#SALAM SEHAT UNTUK SEMUA
Semoga bermanfaat
Jangan lupa kunjungi & komen blog ini ya ikhwah 

Jazakumullahu khoiron

Postingan populer dari blog ini

poster menjalani new normal

Rosmaida