(evni sri wahyuni) Keistimewaan Idul Adha

Rabu 29 Juli 2020

             Keistimewaan Idul Adha


          Makna penting idul adha  atau lebaran haji di peringati setiap tanggal 10 Dzulhijjah dan biasa di sebut juga dengan idul kurban. 
                  Perayaan idul adha ini berawal dari cerita nabi Ibrahim. Sejarah pun tercantum dalam Al-quran surat As-Shoffat ayat 102.
      Keistimewaan penting idul adha:
1. Makna idul adha yang pertama adalah ketakwaan. 
       Arti ketakwaan adalah keterkaitan dengan hamba Allah dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangannya. 

2. Makna idul adha hablumminannas atau hubungan antar manusia. 
       Ibadah seluruh umat islam yang Allah perintahkan mengandung dua aspek yang tidak bisa di pisah kan yaitu hubungan kepada Allah dan hubungan kepada manusia. Kemudian dengan menyembelih hewan kurban dan membaginya kepada kaum tidak berupaya, hal ini menjadi bentuk kepedulian sosial seorang muslim kepada sesamanya. 

3.makna idul adha peningkatan kualitas diri yaitu meningkatkan kualitas diri dengan memperkuat empati, kesadaran diri serta mengelola diri. 
        Kita bisa mencontoh akhlak yang ada pada diri nabi Muhammad SAW dalam kebaikan, memuliakan tamu, mementingkan orang lain dan menjalankan semua perintah dan menjauhi semua larangan Allah SWT. 

       Hikmah yang di ambil dari melaksanakan shalat idul adha bahwa halikat manusia adalh sama dan yang membedakan adalah ketakwaan. 

# kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula

Semoga bermanfaat, 😊






Postingan populer dari blog ini

poster menjalani new normal

Rosmaida